Berita

Hadapi Pilkada Serentak Kapolres Lakukan Apel Gelar Pasukan

×

Hadapi Pilkada Serentak Kapolres Lakukan Apel Gelar Pasukan

Sebarkan artikel ini

Dalam rangka menciptakan harkamtibmas menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024. Kapolres Lombok Utara Pimpim Apel Gelar Pasukan, yang di rangkaikan dengan pemeriksaan pasukan dan Sarana prasarana di halaman Apel Polres Lombok Utara, Jumat (23/08/24).

Dalam kegiatan Apel gelar pasukan ini Kapolres Lombok Utara AKBP Didik Putra Kuncoro S.I.K.,M.Si. menyampaikan amanat ntb/">Kapolda NTB, Irjen Pol Drs. R. Umar Faroq S.H, M.Hum. yang menyebutkan bahwa apel gelar pasukan Operasi Mantap Praja Rinjani-2024” secara serentak di seluruh indonesia. dilaksanakannya apel gelar pasukan, ini merupakan bentuk pengecekan akhir dari kesiapan personel maupun sarpras pada Operasi Mantap Praja Rinjani-2024, sehingga pada tahapan pilkada serentak tahun 2024 ini diharapkan dapat terselenggara dengan aman, lancar dan damai. Pilkada Serentak tahun 2024 adalah suatu pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi indonesia dan sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa. hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo bahwa, ”tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting, karena kita menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar dan secara serentak dalam tahun yang sama.

Ini pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsa kita, masa depan negara kita” melihat pentingnya hal tersebut, maka seluruh komponen bangsa tentunya harus berpartisipasi penuh guna mensukseskan pilkada serentak 2024. terlebih lagi, pilkada serentak 2024 memiliki kompleksitas tersendiri karena dilaksanakan secara serentak dengan rentang waktu yang berdekatan, wilayah yang luas, geografis yang beragam, serta melibatkan jumlah pemilih yang sangat besar. oleh sebab itu, guna mengamankan pilkada serentak 2024 maka Institusi Polri dalam hal ini yang didukung penuh baik dari TNI, Kementerian Lembaga, Instansi terkait dan mitra kamtibmas lainnya menggelar ”Operasi Mantap Praja Rinjani-2024″.

Operasi ini dilaksanakan selama 131 hari guna mengamankan seluruh rangkaian tahapan pilkada serentak tahun 2024. sebagai dukungan terhadap Operasi Mantap Praja Rinjani-2024, Polri juga menggelar Operasi Gatari Praja-2024 untuk membangun narasi besar ”persatuan dan kesatuan, serta kemajuan bangsa diatas kepentingan kelompok” guna mengantisipasi polarisasi akibat berita hoaks, isu sara, propaganda firehose of falsehood dan black campaign yang dilengkapi dengan satgas anti money politics serta satgas pilkada serentak damai. sebagai pusat Kendali, Koordinasi, Komunikasi dan Informasi (K3I), operasi ini akan didukung oleh command center di tingkat Polda maupun ditingkat Polres jajaran.
Melalui dukungan sarpras modern dan berbagai fitur yang ada, diharapkan command center mampu mengintegrasikan data maupun informasi, sehingga seluruh personel pengamanan di lapangan dapat terorganisir secara terpadu dari pusat hingga daerah. Operasi Mantap Praja Rinjani-2024 tentunya diiringi dengan penguatan strategi komunikasi publik untuk memberikan sosialisasi dan edukasi.
Kepada masyarakat. hal tersebut dilakukan agar masyarakat senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, ikut berpartisipasi dalam menjaga stabilitas kamtibmas pada pilkada serentak 2024, serta agar masyarakat mengetahui berbagai upaya pengamanan yang telah kita lakukan. Kegiatan pilkada serentak ini agar terus melakukan mapping potensi konflik sosial secara detail di wilayahnya masing-masing dan selesaikan potensi konflik tersebut hingga sampai ke akar masalahnya. apabila terdapat konflik yang sudah mengganggu stabilitas kamtibmas, maka pastikan penggunaan kekuatan dilakukan secara tepat sesuai SOP dengan memegang teguh asas proporsionalitas, legalitas, akuntabilitas serta nesesitas.
Khusus terkait bencana alam, koordinasikan dengan TNI, BNPB, BMKG, BASARNAS dan stakeholder lainnya guna memetakan daerah rawan, sehingga bencana dapat dimitigasi. siapkan pula rencana antisipasi bekerjasama dengan penyelenggara Pilkada Serentak, apabila nantinya terdapat situasi bencana alam di suatu daerah seperti contohnya gempa bumi, banjir dan sebagainya tentunya harus mempersiapkan fasilitas pencoblosan di lokasi pengungsian. selain itu, isu terorisme juga harus menjadi perhatian yang serius.

Optimalkan preventive strike agar pelaku teror berhasil ditangkap sebelum melancarkan aksinya, sehingga kita bisa memastikan tidak ada letupan sekecil apapun pada Pilkada serentak 2024. Selanjutnya apabila adanya tindak pidana pada pilkada serentak, lakukan koordinasi dan kolaborasi antar pilar sentra Gakkumdu, agar penanganan pelanggaran serta penyelesaian tindak pidana pilkada serentak dapat dilakukan secara profesional serta transparan, mendapatkan legitimasi dari masyarakat.

Pada kesempatan yang penuh semangat dan kebersamaan ini,di tekankan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME dan semoga tugas pengamanan ini menjadi ladang amal ibadah bagi kita semua, pastikan kesiapan perlengkapan pribadi, sarpras dan fasilitas penunjang lainnya, sehingga dapat mendukung pelaksanaan operasi, laksanakan pengamanan dengan penuh rasa tanggung jawab, humanis dan profesional sesuai SOP dengan menerapkan boddy system guna menjamin keselamatan personel, pimpinan di setiap tingkatan harus terjun langsung ke lapangan untuk melakukan pengawasan melekat kepada anggotanya masing masing, lakukan pengaturan jadwal pengamanan, sehingga kesehatan personel selalu dalam kondisi yang prima. hal ini penting, mengingat operasi yang kita laksanakan cukup panjang dan pilkada serentak 2024 dilakukan secara serentak, kedepankan komunikasi publik dan upaya hukrim.lombokprime.com/tag/cooling-system/">cooling system, agar masyarakat berpartisipasi penuh dalam mendukung penyelenggaraan pilkada serentak 2024 dan terhindar dari polarisasi. Tingkatkan sinergisitas dan soliditas antar seluruh personel pengamanan maupun stakeholder terkait, karena hal tersebut adalah kunci utama keberhasilan operasi.

Kapolres berharap kepada personel yang tersprin dalam Oprasi Mantap Praja Rinjani 2024, lakukan tugas denga penuh rasa tanggung jawab mulai tahapan kegiatan Oprasi baik itu pendaftaran Calon, kampanye , pencoblosan hingga pelantikan dan lakukan deteksi dini sebelum kegiatan di mulai sehingga dapat menganalisa untuk menerjunkan estimasi anggota yang harus di terjunkan dalam pelaksanaan pengamanan dan tidak henti – hentinya saya berpesan kepada TNI, Polri maupun ASN agar tetap menjaga Netralitas guna terciptanya Pilkada 2024 yang aman, nyaman dan damai. Tutup Kapolres.

Turut harir dalam Apel gelar Pasukan , Dandim 1606 Mataram yang di wakili Pabung, Ketua KPU Kabupaten Lombok Utara, Ketua Bawaslu, Kepala Pol PP Kabupaen Lombok Utara. Kadis Perhubungan, BPBD, Damkar Bazarnas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *