Berita

Jalin Sinergitas Amankan Pilkada Serentak Kapolres Laksanakan Rapat Koordinasi

×

Jalin Sinergitas Amankan Pilkada Serentak Kapolres Laksanakan Rapat Koordinasi

Sebarkan artikel ini

Lombok Utara, NTB – Menjelang Tahapan Pilkada Serentak 2024
Kapolres Lombok Utara AKBP Didik Putra Kuncoro S.I.K. M.Si. melaksanakan kegiatan rapat koordinasi terkait pengamanan proses pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lombok Utara dalam pemilihan kepala daerah tahun 2024, yang bertempat di Kantor KPU Kabupaten Lombok Utara, Jumat siang, 23/8/2024

Kapolres Lombok Utara AKBP Didik Putra Kuncoro S.I.K. M.Si. mengatakan bahwa kegiatan rapat koordinasi ini kita lakukan terkait pengamanan proses pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lombok Utara dalam pemilihan kepala daerah tahun 2024 yang tinggal menghitung hari. Dan kegiatan ini kami libatkan steakholder terkait guna terjalinnya sinergitas kita di lapangan dalam kesiapan pengamanan Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Lombok Utara agar berjalan dengan aman dan tertib.

Dalam kegiatan rapat kordinasi ini ucapan terimakasih di sampaikan oleh Ketua KPU saudara Nizamudin S.Sos.I.
atas nama KPU  Kab.Lombok Utara mengucapkan terimakasih karena sudah menyempatkan hadir pada kesempatan hari ini untuk melakukan rapat kordinasi koordinasi terkait pengamanan proses pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lombok Utara dalam pemilihan kepala daerah tahun 2024 yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat yaitu pada tanggal 27 Agustus sampai dengan 29 Agustus 2024 sesuai dengan PKPU No 8 tahun 2024 terkait pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, tentu akan membutuhkan pengamanan selama tahapan pendaftaran berlangsung ulasnya.

Proses pendaftaran kali ini akan dilaksanakan di Kantor KPU secara serentak se Indonesia. Tambahnya.

Dalam kegiatan ini
Kasubag Tehnis Sdr. Nasihat juga menyampaikan
Alur Layout proses pendaftaran Bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten
Lombok Utara, dimana Bakal pasangan calon, Tim dan pendukung akan masuk melalui gerbang timur. Kemudian Penerimaan bakal pasangan calon oleh Sekertaris dengan mengalungkan selempang sebagai ucapan selamat datang selanjutnya melakukan registrasi.

Dimana bakal pasangan calon dan tim menuju ruangan pendaftaran dan LO langsung menuju ruang verifikasi.

Simpastisan / Pendukung pasangan calon yang memiliki kartu ID Cart menuju tempat yang sudah disiapkan

Proses pendafataran / penyerahan dokumen bakal pasangan calon.

Verifikasi dokumen pencalonan dilaksanakan diruang verifikasi bersama LO Pasllon selanjutnya penyerahan tanda terima dokumen calon dan di lanjutkan dengan press confrence.

Setelah selesai pasangan calon dan tim pendukung keluar melalui gerbang sebelah barat.

Untuk jadwal pendaftaran, KPU Klu sudah menerima surat pemberitahuan dari LO masing masing pasangan calon dengan rencana pendaftaran hari Rabu tanggal 28 Agustus 2024 ada 1 pasangan calon dan hari kamis tanggal 29 agustus 2024 ada 2 pasangan calon.

Dalam kegiatan rapat ini Kapolres Lombok Utara
menyampaikan terkait pemilihan kepala daerah diwilayah Kabupaten Lombok Utara, untuk diketahui bersama bahwa Polres Lombok Utara sudah mengawali kegiatan pilkada ini dengan melakukan oprasi Gatari Praja Rinjani 2024, dalam kegiatan Operasi ini Polres Lombok Utara sudah melakukan kegiatan hukrim.lombokprime.com/tag/cooling-system/">cooling system atau cipta kondisi dengan tujuan untuk menenangkan dan mendinginkan situasi di masyarakat menjelang Pilkada 2024. Dan kegiatan Operasi Gatari Praja Rinjani 2024 dilaksanakan selama 23 hari mulai dari tanggal 1 Agustus sampai dengan tanggal 23 Agustus 2024. Sehingga disaat tahapan pemilu menuju Operasi Mantap Praja Rinjani bisa terlaksana dengan aman dan lancar.

Dimana selesai melakukan Operasi Gatari Praja kemudian tanggal, 24 Agustus 2024 Kepolisian akan menggelar Operasi terpusat dengan Sandi Mantap Praja Rinjani-2024 dan kegiatan ini akan berlangsung selama 131 hari sampai dengan pencobolosan dan tidak menutup kemungkinan dilaksanakn pelantikan Kepala daerah terpilih pada tanggal 10 februari 2025. Ucap Kapolres

Pada hari kamis tanggal 22 Agustus 2024 Polres Lombok Utara telah melaksanakan Latpra Ops terkait dengan Oprasi Mantap Praja dan tadi pagi sudah dilakukan apel gelar pasukan untuk memastikan kesiapan personil Polri serta sarana dan prasarana dalam melaksanakan pengamanan Pilkada tahun 2024.

Dalam kesempatan ini sesuai dengan harapan kita bersama untuk melaksanakan rapat koordinasi ini sangat penting kita laksanakan guna membahas terkait pengamanan pendaftaran bakal pasangan calon yang dilaksanakan dari tanggal 27 Sampai dengan 29 Agustus 2024 bertempat di kantor KPU Kab.Lombok Utara.

Terkait dengan kebutuhan personil yang akan diturunkan untuk melakukan pengamanan pada saat kegiatan pendaftaran di KPU agar sebelum kegiatan kita bisa adakan komonikasi dan kordinasi dengan Kabag Ops dan Kasat Intel agar bisa kita lakukan mapping dan deteksi dini guna mengantisipasi adanya potensi gangguan. Sehingga kegiatan dan personel yang kita turunkan bisa memadai dengan keadaan dilapangan.

Dan kegiatan pengamanan ini kami akan di backup oleh TNI dan steakholder terkait guna terjalinya sinergitas. Dalam kegiatan pengamanan.

Dalam kegiatan ini turut hadir Ketua KPU, komisioner KPU, Pabung 1606 Mataram, Dinas Perhubungan dan PolPP Kabupaten Lombok Utara.
Tutup Kapolres.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *